home

Bantuan Internasional 7,5 Juta Dollar AS

18 November 2010.

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, bantuan dari internasional untuk Indonesia khusus untuk bencana alam mencapai 7,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 67,5 miliar. Jumlah ini termasuk bantuan kemanusiaan 1 juta dollar AS dari Republik Demokratik Timor Leste yang diterima pagi ini.

"Menurut catatan kami, bantuan internasional sudah mencapai 7,5 juta dollar AS. Bantuan dari Australia, Amerika Serikat, Uni Eropa, juga dari negara-negara ASEAN, seperti Singapura dan Thailand," kata Menko Kesra Agung Laksono di kantor Kemenko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (18/11/2010).

Menurut Agung, bantuan asing ini untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di tiga tempat, yakni di Wasior, Kepulauan Mentawai, dan kawasan Merapi. "Rekonstruksi akan dimulai tahun depan dan master plan-nya sudah disiapkan secara terpadu. Harapan kami ke depan tentu lebih baik dari keadaan sebelumnya," kata Agung.

Agung menambahkan, faktor keselamatan sudah dipertimbangkan dalam rekonstruksi ini. "Lebih aman. Harapannya kalau bisa zero korban. Karena mereka hidup di daerah ring of fire, kemungkinan bencana seperti ini bisa terulang," kata Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar