home

Aku Cinta Indonesia

8 Desember 2010.

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasionalisme mengenal zamannya. Para pendahulu memaknainya dengan perjuangan melawan penjajah. Kini anak muda mewujudkannya lewat gaya hidup. Lewat gaya hidup itulah para anggota komunitas online cinta Indonesia berusaha mencintai apa saja yang ada dan berasal dari negeri ini.
Caranya macam-macam. Ada komunitas yang menggugah rasa kebangsaan lewat aneka makanan asli Tanah Air. Ada yang mengedepankan karya-karya anak bangsa sebagai produk kebanggan negeri ini. Bahkan, ada juga yang mengekspresikan dan membanggakan diri sendiri sebagai cikal bakal mencintai bangsa Indonesia.
Berawal dari kesamaan tujuan mencintai Nusantara itulah kemudian tercipta lima "keluarga besar" di jagat maya. Masing-masing dari mereka menamai gerakan nasionalisme mereka dan memuatnya di jaringan maya. Ada www.pedemunegeri.com, www.terimakasihku.com, www.akucintaindonesia.com, www.adalahkita.com, www.kabayanliplap.com, dan www.darimulutkehati.com.

 Kelimanya kemudian bertemu dalam acara Halo ACI (Aku Cinta Indonesia) untuk menyatakan eksistensi mereka sekaligus bertatap muka secara langsung antaranggota komunitas tersebut.
Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu membuka langsung acara kopi darat alias kopdar para pencinta Indonesia itu di Alun-alun Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (8/12/2010) malam.
Keberadaan pemerintah, kata Mari Pangestu, berfungsi untuk memfasilitasi komunitas tersebut dalam memperkenalkan produk dan jasa kreatif Indonesia. "Selama ini kita selalu kurang pede dengan produk kita sendiri. Kita punya kreativitas, kekayaan alam, dan kekayaan kuliner. Produk Indonesia itu keren, tidak kalah dengan produk dalam negeri," kata Mari Pangestu yang mengenakan busana karya desainer Indonesia.
Bajunya terusan warna krem rancangan Jefrey Tan, sepatunya bikinan Yongki Komaladi, dan mutiara yang dikenakannya berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Pertemuan bersama kaum muda ini memiliki makna penting dan strategis mengingat mereka adalah cikal bakal creativepreneur yang berpotensi besar mengangkat kearifan lokal Indonesia," lanjutnya.
Acara Halo ACI tersebut akan berlangsung mulai Rabu (8/12/2010) hingga Minggu (12/12/2010). Pada Sabtu dan Minggu, acara dimulai pukul 12.00-22.00 dengan materi demo kuliner, sharing session tentang fashion, dunia anak, dan hiburan dari musisi-musisi muda. Informasi mengenai Halo ACI ini juga dapat diakses lewat situs Twitter dengan akun @haloaci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar