home

Australia Dukung Program Pengentasan Kemiskinan Indonesia


12 Maret 2010
JAKARTA--Media Indonesia: Australia akan menyediakan dana sebesar 215 juta dolar Australia untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mengentaskan rakyat dari kemiskinan, berdasarkan informasi tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (11/3).

Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia , Paul Robilliard , mengatakan komitmen ini adalah kontribusi terbesar oleh Australia untuk sebuah inisiatif langsung penanggulangan kemiskinan. "Dukungan kami akan membantu mempercepat langkah sehingga Indonesia dapat memperluas program yang telah sukses mencapai jutaan orang berjuang melawan beban kemiskinan," kata Robilliard.

Sekitar separuh penduduk Indonesia hidup dengan pendapatan dua dolar AS (Rp20 ribu) per hari atau kurang, pemerintah Australia berkomitmen untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ini adalah sebuah inisiatif penanggulangan kemiskinan berbasis masyarakat yang diharapkan dapat mencapai seluruh 80.000 desa di Indonesia pada akhir tahun 2010, dan menguntungkan setidaknya 35 juta orang.

Dukungan Australia ini akan mendanai sejumlah program percontohan, termasuk proyek-proyek untuk meningkatkan kesehatan dasar dan pendidikan, konservasi sumber-sumber energi terbarukan dan pengelolaan sumber daya alam.

Australia juga akan memberikan komitmen hingga 40 juta dolar Australia selama lima tahun untuk mendukung akses perempuan terhadap keuangan mikro. Australia saat ini adalah mitra bilateral terbesar dalam program ini.

Dukungan Australia ini sebelumnya telah diumumkan oleh Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, dan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungannya ke Australia. Kontribusi Australia ini merupakan bagian dari Kemitraan Australia Indonesia sebesar 2,5 miliar dolar Australia selama lima tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar