home

Lima Tahun Lagi RI Swasembada Pangan


17 Maret 2010
MANADO--Media Indonesia: Menteri Pertanian H Suswono menyatakan, lima tahun ke depan Indonesia diharapkan telah swasembada pangan dan bisa menutupi kebutuhan pangan yang semakin meningkat seperti kedelai, terigu dan gula putih yang selama ini masih bergantung pada impor.

"Indonesia telah berhasil mencapai swasembada beras dan jagung selang beberapa tahun belakangan. Lima tahun depan diharapkan juga dapat mencapai swasembada pangan ,? Kata Suswono saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, Rabu (17/3).

Dikatakan, untuk mencapai sasaran tersebut, pemerintah tengah berupaya membuat berbagai program peningkatan mutu dan produksi pertanian, di antaranya diversifikasi pertanian yang didalamnya juga membudidaya berbagai jenis tanaman perkebunan buah.

"Di samping itu kita juga harus meningkatkan daya saing ekspor, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani. Kementerian Pertanian juga akan menyiapkan dana pinjaman tanpa jaminan Rp5 juta untuk membantu petani mendapatkan keringanan modal," ujarnya.

Pada kunjungan kerja ini, Menteri Pertanian Suswono yang didampingi Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang bersama Bupati Bolmut Hamdan Datunsolang melakukan panen padi dan jagung di Desa Kayuogo dan Desa Busato, Kecamatan Pinogaluman.

Sementara itu, Gubernur Sarundajang menambahkan, salah satu program pertanian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mencapai swasembada pangan. Ini dibuktikan dengan hasil produksi komoditi yang diraih berupa beras dan jagung i selang beberapa tahun musim panen di atas angka rata-rata nasional, yakni 6,47%. Sedangkan nasional hanya mengalami peningkatan 5,71%. Begitu pula halnya dengan komoditi jagung. "Tingkat nasional peningkatan rata-rata 15,28%. Sulut berada pada posisi 26,31%," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar