home

SBY: Bangun 2 Kawasan Industri di Papua

Rampung dalam Tempo 4 Tahun

15 Oktober 2010.

MANOKWARI, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan pembangunan dua kawasan industri di tanah Papua, yang harus rampung dalam waktu empat tahun ke depan.

Dua kawasan industri yang menitikberatkan pada bidang industri manufaktur dan pertanian itu akan dibangun di Manokwati, Papua Barat dan Timika, Papua. Keduanya diorientasikan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Papua, dan meminimalkan ketergantungan terhadap barang/produk dari luar Papua.

Pembahasan awal terkait rencana ini telah dilakukan Presiden dengan Gubernur Papua Barat dan Papua, Abraham Atururi dan Barnabas Suebu di sela-sela kunjungannya ke Wasior, Papua Barat. "Selain membahas penanganan tanggap darurat dan rehabilitas dan rekonstruksi pascabanjir, kami juga membicarakan peningkatan ekonomi melalui pembangunan dua kawasan industri," kata Presiden.

Keterangan tersebut disampaikan Presiden di ruang VIP Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat, Jumat (15/10/2010), sebelum lepas landas menuju Kendari, Sulawesi Tenggara guena menunaikan ibadah shalat Jumat. Setelah itu Presiden dan rombongan akan langsung menuju Jakarta.

Presiden menjelaskan, pembahasan khusus akan dilakukan antara Presiden dan kedua gubernur di Jakarta dalam waktu dekat. Ia berharap kedua gubernur bisa menindaklanjuti rencana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar