home

Rahasia Sukses ala Richard Branson


28 September 2010.

OKEZONE.COM.JAKARTA
- Miliarder papan atas dunia asal Inggris Sir Richard Branson akhirnya datang ke Indonesia.Dia berbagi pengetahuan serta pengalaman meraih kesuksesan dalam berbisnis.

“Ikuti mimpi dan buatlah perbedaan,” ujar Branson tentang rahasia suksesnya di hadapan peserta kuliah umum bertajuk Transformation through Innovation–The Richard Branson Story di Jakarta, Senin (27/9/2010) malam.

Branson bukan tipe pengusaha yang mengikuti pakem-pakem atau teori yang tercantum dalam buku ekonomi.Dia berdiri dengan filosofi bisnisnya sendiri.Bagi para pelaku bisnis pemuja teori ekonomi, filosofi bisnis Branson mungkin terdengar aneh.

Nyatanya,usaha Branson terus berkembang dan meraih banyak kesuksesan. Branson kini memimpin Virgin Group, perusahaan yang memiliki lebih dari 300 anak usaha, termasuk Virgin Records,Virgin Megastores, dan Virgin Atlantic Airways.

Majalah Forbes pada tahun lalu menempatkan Branson sebagai orang terkaya ke-261 dunia. Nilai kekayaannya diperkirakan mencapai USD3,9 miliar (Rp35 triliun). Tadi malam, Branson bercerita tentang masa lalunya dan kiat-kiatnya berbisnis. “Saya berhenti sekolah pada usia 15 tahun,” ujarnya.

“Ibu saya tidak punya banyak uang untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Saya akhirnya keluar dari sekolah untuk bekerja,” kenangnya.

Branson adalah sosok menyenangkan. Dia kerap berkelakar dengan mimik lucu.Namun, di balik gaya santai dan apa adanya,dia punya semangat dan kegigihan luar biasa. Paling tidak, dia kerap melontarkan pesan sederhana, tapi berarti bagi generasi muda yang ingin terjun ke dunia bisnis.

“Jangan cuma duduk di belakang meja.Bergerak. Cari sesuatu yang membuat Anda tertarik,” cetusnya.

Sesuatu itu,menurut Branson, akan membuat manusia memiliki gairah.“Apa pun yang membuatmu tertarik,kejar dan raihlah itu,”katanya sambil mengepalkan tangan, tanda bahwa dia sungguh bersemangat.

Branson seperti tak pernah kehabisan energi.Dia berkeliling dari satu negara ke negara lain tanpa mengeluh. Rahasianya, seperti dituturkan Branson, adalah semangat untuk membuat perbedaan bagi hidup orang lain. “Kalau punya rasa itu,maka saya jamin,Anda tidak bakal mengeluh kelelahan,” papar lelaki berambut pirang ini.

Peserta kuliah umum Branson sangat antusias. Banyak peserta mengajukan pertanyaan. Branson pun tertawa senang. Dia mengaku tidak menyangka, orang muda Indonesia punya semangat yang melebihi gairahnya selama ini.Kepada peserta,Branson meminta supaya mereka terus bertransformasi.

“Jangan berhenti bertransformasi. Siapkan diri untuk terus, terus, dan terus bertransformasi,” pesan Branson yang seusai acara langsung terbang ke New York, Amerika Serikat.

Direktur BNI Darmadi Sutanto mengatakan,inovasi Branson sejalan dengan program transformasi bisnis yang saat ini tengah diupayakan perusahaan. Dia berharap pengalaman bisnis Richard Branson yang kerap di luar pakem dapat memberikan motivasi bagi kalangan muda, pengusaha, dan masyarakat Indonesia. Darmadi menuturkan, Branson yang brilian tapi terkesan radikal memiliki keberanian untuk keluar dari zona aman.

“Dia berani melakukan transformasi,tanggap akan perubahan lanskap bisnis serta memiliki daya saing luar biasa,”katanya.

Branson adalah salah satu pengusaha legendaris Inggris. Dia memiliki perusahaan penerbangan, label rekaman, perusahaan telepon genggam, sejumlah restoran mewah, serta Pulau Karibia. Semua usaha bisnis Branson berada di bawah satu naungan, yaitu Virgin Company. Selaku pemilik Virgin Company, Branson terus berupaya memperluas gurita bisnisnya.

Branson kerap meluncurkan usaha yang terdengar tidak masuk akal,tapi sungguh-sungguh terjadi. Bayangkan, dia menciptakan Necker Nymph,perpaduan antara pesawat dan kapal selam yang bisa menyelam hingga kedalaman 130 kaki. Ternyata kesanggupan Necker NymphbelummemuaskanBranson.

Rencananya,dia bakal memperbarui si pesawat bawah laut supaya mampu menyelam sampai 35.000 kaki. Necker Nymph mampu mengangkut seorang pilot dan dua penumpang dalam perjalanan bawah laut selama dua jam. Necker Nymph bukan satu-satunya “mainan” Branson.

September tahun lalu, dia memperkenalkan produk terbaru Virgin Galactic, Space Ship Two (SS2). Dua tahun mendatang, pesawat ini siap membawa penumpangnya ke luar angkasa. Pesawat luar angkasa sepanjang 18 meter ini mampu menampung satu pilot, dua kru, serta dilengkapi ruang istimewa untuk enam penumpang.SS2 memang belum diujicobakan.

Namun, hingga kini sudah tercatat 300 orang yang memesan tempat dalam penerbangan perdana SS2. Untuk menikmati sensasi melayang-layang dalam SS2, calon penumpang itu rela mengeluarkan USD200.000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar